Makalah Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Banyak anak yang memandang matematika sebagai bidang studi yang paling sulit. Jangankan untuk mempelajari, dengan mendengar mata pelajaran matematikanya pun mereka sudah beranggapan bahwa matematika itu sulit dan menyebalkan, dengan sugesti anak yang seperti itu, hanya akan membuat mereka semakin sulit dalam belajar matematika. Namun meskipun demikian, semua orang harus mempelajari matematika, karena matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting terutama dalam mengembangkan potensi anak dalam memecahkan masalah, serta akan mengasah otak anak untuk berfikir secara logis dan kritis.
Maka dari itu, anak harus dipersiapkan untuk belajar matematika dari mulai usia dini, misalnya dengan mengenalkan bilangan- bilangan pada anak dengan cara yang menarik, sehingga anak merasa tertarik untuk mengikuti dan mempelajari bilangan- bilangan tersebut. Namun disisi lain, banyak yang menyebabkan anak kesulitan dalam belajar matematika diantaranya terlalu banyak rumus yang digunakan, kekurangan pemahaman tentang symbol, penggunaan proses yang keliru, perhitungan, tulisan yang tidak dapat dibaca, penyampaian guru yang kurang dimengerti pada proses pembelajaran, atau bahkan adapula kelainan yang menyebabkan anak berkesulitan dalam belajar matematika, yaitu penyakit diskalkulia (dyscalculis) dan akalkulia (acalculia), yang mengalami gangguan pada saraf pusat. Maka pada makalah ini penulis mengambil judul Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika yang secara khusus akan membahas hakikat matematika dari kesulitan belajar matematika, memaparkan bahwa belajar matematika sangat diperlukan, memaparkan beberapa penyebab anak berkesulitan dalam belajar matematika, dan menjelaskan upaya- upaya dalam mengatasi anak yang berkesulitan belajar matematika.
1.2 Perumusan masalah
Adapun perumusan masalah dalam makalah ini, adalah sebagai berikut.
Bagaimana hakikat dari kesulitan belajar matematika?
Mengapa belajar matematika sangat diperlukan?
Apa yang menyebabkan anak menganggap bahwa matematika pembelajaran yang sangat sulit?
Bagaimana upaya dalam mengatasi anak yang berkesulitan belajar matematika?
1.3 Tujuan penulisan
Adapun tujuan penulisan dalam makalah ini, sebagai berikut.
Memaparkan hakikat dari kesulitan belajar matematika,
Memaparkan bahwa belajar matematika sangat diperlukan,
Memaparkan beberapa penyebab anak berkesulitan dalam belajar matematika,
Menjelaskan upaya- upaya dalam mengatasi anak yang berkesulitan belajar matematika.
BAB 11
DEFINISI
2.1 Kesulitan Belajar
Kesulitan belajar merupakan terjemahan dari istilah Bahasa Inggris learning disability. Terjemahan tersebut sesungguhnya kurang tepat karena learning artinya belajar dan disability artinya ketidakmampuan. Sehingga terjemahannya yang benar seharusnya adalah ketidakmampuan belajar. Kesulitan belajar merupakan suatu konsep multidisipliner yang digunakan di lapangan ilmu pendidikan, psikologi, maupun ilmu kedokteran. Pada tahun 1963 Samuel A. kirk untuk pertama kali menyarankan penyatuan nama- nama gangguan anak seperti disfungsi otak minimal (minimal brain dysfunction), gangguan neurologis (neurological disorders), disleksia (dyslexia), dan afasia perkembangan (developmental aphasia) menjadi satu nama, kesulitan belajar (learning disabilities). Definisi kesulitan belajar juga dikemukakan oleh beberapa komunitas.
Makalah Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika