Contoh Pendahuluan Makalah
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan diartikan sebagai suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang dimiliki dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara (UU No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat (1)).
Perubahan sebagai dampak dari globalisasi berlangsung sangat cepat, karena adanya perkembangan teknologi dan informasi yang sangat canggih. Hal ini mempengaruhi perkembangan pengetahuan baru, perilaku, sifat, kemampuan, moralitas dan mentalitas manusia sebagai individu maupun sebagai anggota organisasi, yang berbeda dengan keadaan sebelumnya, serta membawa perubahan nilai dalam seluruh kehidupan manusia baik sosial, politik, ekonomi, maupun budaya. Khususnya pada dunia pendidikan yang senantiasa perlu mengikuti kebutuhan berbagai kehidupan masyarakat yang memerlukan adanya perkembangan ilmu pengetahuan.
Falsafah dasar ilmu pendidikan dan kebijakan dasar pendidikan nasional saat ini dihadapkan pada kondisi masyarakat yang senantiasa berubah yaitu suatu masyarakat reformasi transisional yang bertujuan mencapai masyarakat sejahtera yang berkeadilan, demokratis, desentralisasi, egaliter, menghargai pluralitas dan sebagainya.
Penyelenggaraan pemerintahan Negara yang berfungsi melayani berbagai kebutuhan masyarakat yang senantiasa meningkat setiap saat, memerlukan adanya inovasi-inovasi praktik yang tentunya didukung oleh ilmu yang memadai. Perkembangan ilmu pengetahuan yang merupakan inovasi dari ilmu-ilmu murni menjadi ilmu terapan yang disesuaikan dengan kebutuhan tiga pilar kepemerintahan yang baik yakni; Negara dalam arti luas meliputi eksekutif, legislatif, dan yudikatif serta berbagai alat negaranya, sektor swasta dan masyarakat. Itulah salah satu dasar mengapa selain mengandalkan kepada ilmu-ilmu yang diberikan diberbagai perguruan tinggi negeri dan swasta dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional, kita memberlakukan adanya pendidikan yang dikelola oleh departemen-departemen dan LPND tertentu yang mendidik pegawai atau calon pegawai selain dengan ilmu-ilmu yang biasa diberikan di perguruan tinggi juga diberikan ilmu-ilmu terapan dengan harapan alumninya dapat siap pakai di lingkungan kerjanya. Menghadapi itu semua, kualitas pendidikan perlu dipicu melalui pendidikan yang berkualitas pula.
Dalam makalah ini, kami akan memaparkan tentang pendidikan kedinasan.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut:
1. Apa hakikat pendidikan kedinasan?
2. Apa saja tujuan dan fungsi pendidikan kedinasan?
3. Bagaimana kedudukan pendidikan kedinasan dalam Sistem pendidikan Nasional?
4. Apa saja jalur, jenjang, dan jenis pendidikan kedinasan?
5. Siapa yang menyelenggarakan pendidikan kedinasan?
6. Bagaimana proses pendidikan kedinasan?
7. Apa saja sifat pendidikan kedinasan, fungsi boarding, dan bagaimana ikatan dengan dinas?
8. Bagaimana pendidikan lintas instansi?
C. Tujuan
Adapun tujuan dari pembahasan makalah ini, antara lain:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat pendidikan kedinasan.
2. Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan dan fungsi pendidikan kedinasan.
3. Mahasiswa dapat menjelaskan kedudukan pendidikan kedinasan dalam system pendidikan nasional.
4. Mahasiswa dapat menyebutkan jalur, jenjang, dan jenis pendidikan kedinasan.
5. Mahasiswa dapat menyebutkan penyelenggara pendidikan kedinasan.
6. Mahasiswa dapat menyebutkan proses pendidikan kedinasan.
7. Mahasiswa dapat menyebutkan sifat pendidikan kedinasan, fungsi boarding, dan ikatan dengan dinas.
8. Mahasiswa dapat menjelaskan pendidikan lintas instansi.
Contoh Pendahuluan Makalah